Rabu, 04 April 2012

SOCIAL NETWORKING


Social Networking
(Facebook, Twitter, Yahoo Koprol, My Space)
Social Networking atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya
draft_lens4759562module34635522photo_12427631216a00d8341ced4953ef00e5506574ba8833-800wi.jpg
Gambar 1.1 : Perkembangan jejaring social di dunia
Facebook
Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets
Perkembangan
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
the-story-of-twitter1.jpg
Yahoo Koprol
Kata Koprol yang dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile.
Pendiri :
Fajar Budiprasetyo (Chief Executive Officer)
Satya Witoelar (Chief Executive Officer)
Daniel Armanto (Chief Executive Officer)
Target Pengguna
Target pengguna dari Koprol adalah kalangan muda yang mobile (suka berpergian) dan tidak lepas dari internet. Karenanya, para pengguna smartphone dan mobile internet device lainnya yang bisa senantiasa tersambung dengan jaringan koneksi menjadi target dari jejaring sosial ini. Hal ini dimaksudkan agar pengguna bisa senantiasa melakukan update Koprol dan bertukar informasi dengan pengguna Koprol lainnya ketika dia berpindah tempat atau lokasi.
Kelebihan dan Kekurangan Koprol
Berikut adalah kelebihan (keunggulan Koprol dari jejaring sosial lainnya) dan kekurangan (kelemahan Koprol dilihat dari fungsinya dan juga perbandingan dengan jejaring sosial sejenis lainnya) :
A. Kelebihan Koprol
Dengan Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga kota, tempat publik, dan lain sebagainya.
Pengguna bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya.
Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat dia berada.
B. Kekurangan Koprol
Database tempat-tempat yang tersedia masih belum terlalu banyak. Namun demikian, pengguna bisa menambahkan tempat-tempat yang sering dikunjungi dengan melalui form feedback.
My Space
Pengertian MySpace sendiri yaitu situs jejaring sosial yang memiliki jaringan terbesar di dunia. Keunggulan dari MySpace sendiri yakni dengan menggunakan MySpace kita dapat mempromosikan musik-musik hasil kreasi kita ke seluruh dunia. MySpace merupakan produk dari perusahaan News Digital Media yang dipunyai oleh News Corporation. Kantor pusat MySpace terletak di Beverly Hills, California, dengan jumlah karyawan kurang lebih sekitar 1000 orang. Terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan situs ini untuk dapat dinikmati oleh pengguna setianya. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang dimaksud.
1. Moods
Moods merupakan emosikon kecil untuk mengekspresikan suasana hati para pengguna MySpace.
2. Blurbs, Blog, Multimedia
Blurbs sendiri terbagi pada 2 bagian, yaitu About Me dan Who I’d Like to Meet. Blog sendiri adalah aspek standar untuk isi, emosi, dan media. Multimedia yang ditawarkan, yakni pengeditan foto pada Foto Flexer yang tidak hanya terdapat fasilitas memotong gambar,dan mengatur kontras. Namun, ada pula fasilitas mengubah foto menjadi kartun. Selain itu foto juga dapat dibuat berbentuk slide show.
3. Komentar
Ini merupakan bagian yang dapat diisi komentar oleh teman-teman kita yang dapat dibaca oleh siapa pun.
4. Profil Kustomisasi
Yakni kita sebagai penguna dapat mengubah penampilan umum halaman dengan memasukkan CSS untuk menimpa gaya default halaman MySpace tersebut. Umumnya hal ini digunakan untuk memilih font dan warna.
5. Musik
Pada profil musik ini merupakan ajang bagi para musisi dan band-band untuk mengunggah lagu-lagu mereka dengan format MP3. Syaratnya, si pengunggah harus memiliki izin menggunggah lagu tersebut atau lagu tersebut merupakan karya asli buatan sendiri.
MySpace juga mempunyai label rekaman sendiri sehingga tak heran jika lewat jejaring sosial ini banyak ditemukan orang-orang muda berbakat. Tercatat sekitar delapan juta seniman yang ditemukan oleh MySpace.

4 komentar:

  1. Wah, ane baru tahu trnyata my space bs juga bwt uload musik-yah.. : ) #ketahuan katrok hehehe...

    tapi ane skrng lagi tertarik sm js-nya Google+
    lumayan juga tuh mbak.

    salam kenal & kami tunggu visit dan follownya di LA MBARI corp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... hums ilmu na jga baru di dapat...
      ea salam kenal juga,,,oche

      Hapus
  2. mantap kk..lnjutkan visit jg lah k gum.. :)

    BalasHapus