Social Networking
(Facebook, Twitter, Yahoo Koprol, My
Space)
Social Networking atau jaringan sosial adalah
suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah
individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi
spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan sosial memandang
hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor
individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor
tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam
berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi
pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan
penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta
derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan
sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan
tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu.
Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan
simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Layanan Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial
berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk
dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share
file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan
layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya
dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial
memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing
didalamnya

Gambar 1.1 : Perkembangan jejaring
social di dunia
Facebook
Facebook adalah sebuah situs
web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4
Februari 2004. Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs
web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa
dari Harvard College. Dalam dua
bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua
sekolah yang termasuk dalam Ivy
League. Banyak perguruan tinggi lain yang
selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah
peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu,
.ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga
bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula
jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.
Sejak 11 September 2006, orang
dengan alamat surat-e apa pun
dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna
dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia,
seperti berdasarkan sekolah, tempat
kerja, atau wilayah geografis.

Twitter
Twitter adalah
sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang
menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets
Perkembangan
Twitter berawal dari sebuah diskusi
yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007
ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut
berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi
60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010,
Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Yahoo Koprol
Kata Koprol yang dipilih sebagai
nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel
Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka
sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa
sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile.
Pendiri :
Fajar Budiprasetyo (Chief Executive Officer)
Satya Witoelar (Chief Executive Officer)
Daniel Armanto (Chief Executive Officer)
Target Pengguna
Target pengguna dari Koprol adalah
kalangan muda yang mobile (suka berpergian) dan tidak lepas dari internet.
Karenanya, para pengguna smartphone dan mobile internet device lainnya yang
bisa senantiasa tersambung dengan jaringan koneksi menjadi target dari jejaring
sosial ini. Hal ini dimaksudkan agar pengguna bisa senantiasa melakukan update
Koprol dan bertukar informasi dengan pengguna Koprol lainnya ketika dia
berpindah tempat atau lokasi.
Kelebihan dan Kekurangan Koprol
Berikut adalah kelebihan (keunggulan
Koprol dari jejaring sosial lainnya) dan kekurangan (kelemahan Koprol dilihat
dari fungsinya dan juga perbandingan dengan jejaring sosial sejenis lainnya) :
A. Kelebihan
Koprol
Dengan
Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang
bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga
kota, tempat publik, dan lain sebagainya.
Pengguna bisa mengetahui siapa-siapa
saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya.
Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada
jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat
dia berada.
B. Kekurangan
Koprol
Database
tempat-tempat yang tersedia masih belum terlalu banyak. Namun demikian,
pengguna bisa menambahkan tempat-tempat yang sering dikunjungi dengan melalui form
feedback.
My Space
Pengertian MySpace sendiri yaitu
situs jejaring sosial yang memiliki jaringan terbesar di dunia. Keunggulan dari
MySpace sendiri yakni dengan menggunakan MySpace kita dapat mempromosikan musik-musik hasil
kreasi kita ke seluruh dunia. MySpace merupakan produk dari perusahaan News Digital Media yang
dipunyai oleh News Corporation. Kantor pusat MySpace terletak di Beverly Hills,
California, dengan jumlah karyawan kurang lebih sekitar 1000 orang.
Terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan situs ini untuk dapat dinikmati oleh
pengguna setianya. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang dimaksud.
1. Moods
2. Blurbs, Blog, Multimedia
Blurbs sendiri terbagi pada 2
bagian, yaitu About Me dan Who I’d Like to Meet. Blog sendiri
adalah aspek standar untuk isi, emosi, dan
media. Multimedia yang
ditawarkan, yakni pengeditan foto pada Foto Flexer yang tidak hanya
terdapat fasilitas memotong gambar,dan mengatur kontras. Namun, ada pula
fasilitas mengubah foto menjadi kartun. Selain itu
foto juga dapat dibuat berbentuk slide show.
3. Komentar
Ini merupakan bagian yang dapat
diisi komentar oleh teman-teman kita yang dapat dibaca oleh siapa pun.
4. Profil Kustomisasi
Yakni kita sebagai penguna dapat
mengubah penampilan umum halaman dengan memasukkan CSS untuk
menimpa gaya default halaman MySpace tersebut. Umumnya hal ini digunakan untuk
memilih font dan warna.
5. Musik
Pada profil musik ini
merupakan ajang bagi para musisi dan band-band untuk mengunggah lagu-lagu
mereka dengan format MP3. Syaratnya, si pengunggah harus
memiliki izin menggunggah lagu tersebut atau lagu tersebut merupakan karya asli
buatan sendiri.
MySpace juga mempunyai label rekaman
sendiri sehingga tak heran jika lewat jejaring sosial ini banyak ditemukan
orang-orang muda berbakat. Tercatat sekitar delapan juta seniman yang
ditemukan oleh MySpace.
Wah, ane baru tahu trnyata my space bs juga bwt uload musik-yah.. : ) #ketahuan katrok hehehe...
BalasHapustapi ane skrng lagi tertarik sm js-nya Google+
lumayan juga tuh mbak.
salam kenal & kami tunggu visit dan follownya di LA MBARI corp.
hehehe... hums ilmu na jga baru di dapat...
Hapusea salam kenal juga,,,oche
mantap kk..lnjutkan visit jg lah k gum.. :)
BalasHapushehehe...cobe2 aje gum,,, oche,,,
Hapus